Bagaimana UKM bisa bersaing di Era Digital?

Bagaimana UKM bisa bersaing di Era Digital?

Di era digital seperti sekarang ini, bagaimana UKM Indonesia bisa bersaing?

Era Digital memang sudah mengubah perilaku di masyarakat. Bagaimana setiap orang kini lebih nyaman untuk berbelanja online karena adanya kemudahan akses dan transaksi. Harga yang ditawarkan relatif murah jika dibandingkan harus berbelanja secara offline.

Dengan status negara berkembang, maka harga murah menjadi pilhan utama

Orang kini tidak perlu keluar rumah untuk membeli sesuatu, bahkan bisa diantar sampai rumah. Apalagi pada dasarnya masyarakat di Indonesia sangat suka dilayani. Jika ada fasilitas yang memberikan itu semua. maka, sudah bisa dipastikan akan menjadi pilihan.

Bagaimana UKM Indonesia mampu bersaing?

Kini saatnya harus mulai melek dengan teknologi. Mau tidak mau UKM harus tahu cara memasarkan produk mereka di Internet. Karena konsumen mereka seolah hanya perduli dengan smartphone mereka. Bagaimana tidak sebelum tidur, bahkan ketika bangun tidur mereka akan langsung mencari gadget kesayangan mereka. Walaupun hanya sekedar melihat status WA, notifikasi sosmed, email dan lain sebagainya.

UKM kini harus menginvestasikan sedikit uang dan waktu untuk mulai belajar bagaimana tentang Internet Marketing. Bagaimana cara menjual di Internet

[freemember]

1.Mulai memasarkan produk jasa offline ke online

Berbisnis online tidak bedanya dengan bisnis offline, jika bisnis offline perlu tempat yang strategis dengan harapan mendapatkan pengunjung yang membeli produk/jasa Anda.

Jika di bisnis online kita perlu memindahkan/mempromosikan di tempat yang strategis. Dimanakah itu?

Tempat strategis dalam internet marketing adalah website yang banyak pengunjungnya, diantaranya:

Search Engine/ mesin pencari / Google, sebagai tempat mencari berbagai hal melalui kotak pencarian. Sebagai situs no.1 di Indonesia bahkan di dunia maka kita perlu melakukan optimasi di search engine agar produk/jasa kita mudah ditemukan calon konsumen

Sosial Media, sebagai tempat bersosialisasi secara online dengan teman seperti, facebook, instagram dan lain-lain. Meskipun begitu, kita bisa memanfaatkan sosial media untuk berjualan. Mungkin tidak bisa berjualan secara langsung (hardselling) namun kita perlu menjual dengan cara halus (softselling) bangun sebuah status yang menunjukkan aktifitas kita secara rutin karena secara tak sadar kita sedang berjualan.

2. Mulai dengan kebiasaan, dari hal yang kita bisa

Dari hal diatas, kita pasti sudah mulai menemukan cara untuk mulai berbisnis online, tinggal menyesuaikkan dimana kita merasa enjoy untuk mulai menjalankanya. Jika Anda terbiasa di sosial media maka, mulai aktif untuk membuat status jualan. Walupun tidak harus melulu jualan, namun diselingi dengan status aktifitas, motifasi, artikel bermanfaat dan lain sebagainya.

Jika Anda terbiasa menggunakan facebook, kini ada Marketplace facebook. Disana kita bisa berjualan secara langsung atau berjualan melalui grup komunitas, grup jual beli di berbagai wilayah seperti perumahan tertentu, produk/jasa tertentu. Mulai sekarang carilah grup-grup yang bisa digunakan untuk jual beli

Jika Anda terbiasa menggunakan aplikasi WA / WhatsApp, kini bisa dimanfaatkan melalui status WA. Seperti pada sosial media, kini orang juga mulai kepo dengan status WA, sayang jika status Anda hanya digunakan untuk mengeluh, curhat atau selfi yang gak jelas. Jika Anda berjualan online maka bisa memanfaatkan status WA.

Kesimpulanya adalah, untuk mulai berjualan online kini sangat mudah, banyak media yang bisa dimanfaatkan. Tidak terbatas, namun Anda perlu mempelajari bagaimana pola, cara dan tips untuk mengoptimalkannya. Sediakan waktu untuk belajar/ mempelajarinya. Carilah komunitas yang terkait dengan bisnis Anda. Disana Anda akan menemukan wawsan baru tentang strategi dan pengalaman dari teman di Komunitas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *