Panduan Dasar Bisnis Online : Mencari Trafik untuk Bisnis Anda

Panduan Dasar Bisnis Online : Mencari Trafik untuk Bisnis Anda

Membangun Bisnis Online tidak bedanya dengan bisnis offline, Anda perlu mendatangkan pengunjung untuk bisnis.

Jika bisnis offline salah satu pertimbangan utama adalah tempat yang strategis dengan harapan ramai pengunjung, berarti mencari tempat yang ramai. Banyak dilalui orang (target pasar) bisnis Anda

Terlihat saja tidak cukup, perlu mendekorasi tempat agar terlihat menarik dan juga promosi dengan harapan ramai pengunjung.

Dengan bisnis online persiapan modal diawal yang lumayan besar seperti sewa ruko, dekorasi, stok yang banyak sebagai etalase bisa diminimalisir. Bahkan bisa menggunakan rumah sebagai tempat berjualan. Tinggal bagaimana cara mendatangkan trafik/pengunjung/ visitor ke bisnis online Anda

Belajar Membangun Trafik Bisnis Online[freemember]

Trafik terdiri dari 2 jenis yaitu:

1. Trafik Organik (gratis)

Adalah trafik yang kita bangun dengan memanfaatkan platform gratis seperti sosial media, youtube, blogspot, wordpress.com, forum dan lain sebagainya.

Karena gratis maka kita tidak dapat mengontrol darimana sumber trafik yang didapat. Namun, jika sudah terjadi diskusi kita bisa menanyakanya pada calon buyer tersebut.

2. Trafik Berbayar (Ads)

Trafik berbayar adalah trafik yang kita dapatkan dengan cara membayar dengan ketentuan melalui penyedia jasa (database) seperti fb ads dan google ads.

Kita perlu melakukan setting sesuai target market yang kita inginkan seperti jenis kelamin, umur, status, pekerjaan, lokasi, keluarga dan lain sebagainya

Trafik relatif bisa dikontrol, bisa mendapatkan data secara lengkap sesuai yang Anda butuhkan

Lebih baik mana trafik organik/berbayar?

Jawabanya adalah tergantung kebutuhan Anda, lebih bagus mengkombinasikan keduanya.

Ketika kita belum memiliki budget untuk marketing maka memanfaatkan trafik organik, karena hasilnya tidak berbeda jika dilakukan dengan tekun dan bisa bersifat long term (jangka panjang)

Jika Anda membutuhkan percepatan atau perluasan pasar maka bisa menggunakan trafik berbayar

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *